Kamis, 22 Maret 2012

PEMASARAN


USAHA TEMPAT FITNES
Saat ini banyak klub fitnes atau gym bermunculan, terutama di daerah perkotaan demi memenuhi kebutuhan kaum urban yang selalu sibuk, namun tetap ingin menjaga kebugaran tubuh. Banyaknya gym, terkadang membuat kita sulit menentukan mana tempat yang paling cocok dan sesuai kebutuhan serta kantong.
Jenis Alat fitnes dan berbagai macam manfaatnya - Memiliki badan yang sehat, menunjang hidup yang bahagia dan sejahtera. Bagaimana tidak, saat ini biaya berobat dan perawatan di rumah sakit sangat mahal. Sehingga, sudah seharusnya gaya hidup sehat layak dilakukan setiap orang. Caranya pun mudah, hanya dengan rajin berolahraga dan asupan bergizi seimbang, niscaya hidup sehat pun mudah diraih.
Berikut beberapa jenis alat Fitnes Alat fitness commercial Alat fitness jenis ini yang digunakan untuk membuka usaha fitness center, biasanya alat ini satu alat satu fungsi (single station) jadi memungkinkan untuk tidak antri di suatu alat pada fitness center. Alat jenis ini pemakaiannya heavy duty.Bahkan ada yang kasih garansi 10 th.
Sebagai contoh jenis alat ini adalah : Smith Machine, Cabel Crosover, Lat Pull Down, Rowing Machine, Butterfly machine, Leg Press, Leg Extention, Leg curl, Inner-outer, Chest press, incline press, Bicep curl, Twister, Back up/roman chair, Sit up, Bench press Alat fitness Cardio : Treadmill elecktric dengan HP (horse power 4 hp keatas) Stepper, Crosstrainer, Exercise bike Alat Fitness Home use Alat fitness jenis ini biasa dipakai perorangan di rumah masing.Alat ini cenderung multi fungsi agar bisa memenuhi kebutuhan fitness di rumah pada saat kita tidak ikut/pergi ke fitness centre. Sebagai contoh alat ini adalah : Home Gym (22 f), Jogger (32F), Treadmill manual (1 fungsi,6 F,20 F,36 F,42 F),Power rider,exercise bike, Freestyle glider, Air walker, Ab Shapper, mini stepper dll Dengan makin tingginya kesadaran berolahraga, bahkan di sela-sela kesibukan, berbisnis alat - alat fitness sama cerahnya dengan bisnis pusat kebugaran, sebab setiap pusat kebugaran tentu menggunakan alat-alat tersebut. Namun sedikit catatan, sebelum benar-benar memulai latihan kebugaran menggunakan alat fitness, kita harus pelajari dulu berbagai jenis alat dan kemudian tentukan apa saja yang sekiranya nanti akan dapat selalu terpakai. Pada akhirnya, yang paling penting adalah bagaimana kita membangun niat serta waktu yang cukup untuk berolaharaga agar senantiasa sehat, bugar, dan juga memiliki badan ideal.
Bicara modal buka fitness. Umpama Anda punya dana  10 Juta saja, serta sudah ada pavilyun atau garasi samping rumah, bisnis fitness sudah bisa Anda mulai. Dengan modal 10 Juta, Anda akan meraih penghasilan lumayan jika dikelola dengan serius untuk jangka panjang.
Ancaman dari usaha tempat fitness
·         Banyaknya saingan, di saat sekarang ini mencari tempat fitness sudah tidak sulit lagi, dikarenakan banyak tempat fitness yang didirikan di berbagai tempat, seperti di mall atau perumahan.
·         Berpengaruhnya lokasi yang kurang strategis.
·         Kurangnya falitas yang memadai dapat membuat konsumen berpindah ke tempat lain.
Peluang dari usaha tempat fitness
·         Dapat membantu bagi seseorang yang ingin berolahraga tetapi tidak mempunyai waktu yang banyak. Dengan didirikannya tempat fitness seseorang dapat berolahraga kapan pun.
·         Memberikan tempat peluang kerja bagi yang pengangguran untuk bekerja sambil olahraga, atau disebut sebagai instruktur fitness.
·         Dapat mengembalikan modal yang sudah terpakai untuk membuka usaha tersebut. Bahkan bisa mendapatkan modal lebih daripada modal awal yang dikeluarkan.
Kekurangan dari tempat fitness
·         Tidak terlalu banyak variasi latihan yang bisa Anda harapkan.
·         Angggotanya sangat banyak. Pada jam-jam tertentu, seperti pagi atau sore hari, suasananya cukup ramai. Ini akan cukup mengganggu bagi Anda yang tidak suka berlatih dalam suasana ‘hiruk pikuk’.
Kelebihan dari tempat fitness
·         Fasilitas cukup memadai. Biasanya ruangan tidak terlalu besar dan tidak terlalu ramai. Sehingga hubungan antara anggota dan instruktur cukup dekat.
·         Anda tidak akan pernah bosan karena begitu banyak variasi latihan yang bisa diikuti. Biasanya juga menyediakan ahli nutrisi.
·         Biasanya berlokasi di sekitar perumahan penduduk. Hubungan antara anggota dan instruktur cukup dekat, sehingga dengan mudah Anda bisa berkonsultasi dan mendapat tips tanpa perlu menyewa personal trainer. Biaya juga cukup terjangkau.
Beberapa factor yang mempengaruhi tempat fitness:
Harga
Harga merupakan masalah yang tidak kalah pentingnya. Sesuaikan harga yang diminta dengan fasilitas yang ditawarkan. Kelengkapan peralatan pastinya akan mempengaruhi harga. Jadi, pastiakan dulu kalau peralatan yang tersedia layak dengan harga yang akan Anda bayar.
Biaya biasanya dibayar bulanan. Tetapi ada juga yang menawarkan keanggotaan seumur hidup. Sebaiknya, tidak usah membeli kartu keanggotaan seumur hidup. Belum tentu, Anda menemukan hal yang tidak sesuai dengan keinginan di kemudian hari.

Lokasi

Lokasi merupakan salah satu faktor penting sebelum Anda memutuskan menjadi anggota klub kebugaran tertentu. Pastikan Anda memilih tempat kebugaran yang berlokasi di tempat yang mudah Anda jangkau, baik di dekat rumah, tempat kerja, atau di tempat yang akan Anda lewati saat pulang kerja.

Kenyamanan

Pastikan klub yang dipilih membuat Anda nyaman. Sesuaikan dengan aktivitas Anda. Jika Anda mempunyai waktu luang di siang hari atau di sore hari, Anda bisa memilih klub yang buka dari pagi hingga malam. Tetapi, jika Anda tidak bisa memastikan waktu luang, lebih baik memilih klub kebugaran yang buka 24 jam. Dengan begitu, Anda bisa berolahraga kapan pun Anda punya waktu tanpa takut klub-nya tutup. Selain itu, jika Anda mempunyai anak, pastikan tempat yang Anda pilih mempunyai jasa penitipan anak.
Kelengkapan

Berdasarkan American Council on Excercise, rutinitas fitnes Anda harus termasuk latihan aerobik, latiha otot dan ketahanan, serta fleksibilitas. Oleh karena itu, sebelum memutuskan tempat, tanyakan dahulu jenis olahraga yang tersedia. Ada beberapa klub yang menawarkan peralatan yang umum dan kelas yang memadukan semua komponen, tapi ada juga yang fokus pada latiahn tertentu misalnya latiha aerobik atau latihan kekuatan. Sesuaikan pilihan Anda sebelum menentukan. Selain itu, Menurut American Heart Association, sepertiga serangan jantung terjadi diluar rumah atau di luar sakit termasuk tempat kebugaran. Jadi, pastikan kalau tempat yang Anda pilih memiliki peralatan bantuan atasi serangan.


Instruktur
Pastikan instruktur Anda mempunyai sertifikat dan reputasi yang baik. Anda sebaiknya berlatih dengan orang yang mengerti keselamatan berkaitan dengan fitnes.

Efektivitas klub
Selidiki dulu apakah program latihan di klub yang Anda incar berjalan dengan baik. Jika anggota klub aktif berlatih, silahkan mendaftar. Tetapi, jika anggotanya semakin lama semakin sedikit bahkan ada yang memilih berhenti, sebaiknya urungkan niat Anda memilih tempat tersebut. Ini menunjukkan kalau klub tersebut tidak mampu mengelola dengan baik.

Jumlah peserta
Anda tentunya tidak akan merasa nyaman jika harus berlatih di tempat yang penuh sesak. Oleh karena itu, pastikan dulu batas jumlah peserta dalam suatu program. Jumlah yang terlalu banyak akan mengganggu konsentrasi
dan kenyamanan Anda dalam berlatih.

Kebersihan.

Pastikan tempat dan peralatan yang Anda pilih bersih. Tempat dan peralatan yang jorok pastinya akan membuat Anda tidak nyaman.
Pelayanan
Faktor pelayanan juga akan mempengaruhi kenyamanan Anda. Apakah resepsionisnya hingga instrukturnya sudah cukup ramah menurut Anda? Jika Anda dilayani dengan baik, tentu Anda bisa menentukan pilihan, tetapi jika mereka tidak melayani dengan baik, sebaiknya dipertimbangkan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar